Sempat Error, M-banking BCA Sudah Kembali Normal
- Layanan perbankan BCA error hari ini sejak sekitar pukul 06.30 WIB. Aplikasi milik PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) dan PT BCA Digital (blu) mengalami kendala akses pada waktu yang sama. Gangguan ini memicu keluhan dari pengguna di media sosial, Senin, 29 September 2025.

Distika Safara Setianda
Author


JAKARTA, TRENASIA.ID – Layanan perbankan BCA error hari ini sejak sekitar pukul 06.30 WIB. Aplikasi milik PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) dan PT BCA Digital (blu) mengalami kendala akses pada waktu yang sama. Gangguan ini memicu keluhan dari pengguna di media sosial, Senin, 29 September 2025.
“@HaloBCA min ini mbanking lagi error? Kok saya mau top up flazz dari tadi enggak bisa lampunya masih merah terus padahal masih ada paket,” tulis salah satu warganet di media sosial X.
Menurut warganet, terdapat kegagalan saat masuk ke m-banking, tidak bisa cek saldo, tidak bisa transfer, atau bahkan mengakses aplikasi sama sekali. Hal ini juga dialami pengguna blu by BCA Digital. Mereka mengatakan tidak bisa melakukan transaksi maupun masuk ke aplikasi blu.
Menanggapi situasi tersebut, EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn, menyampaikan permohonan maaf kepada para nasabah terkait gangguan layanan BCA pada pagi ini.
Dia juga mengatakan sistem sudah kembali normal. Ia mengimbau nasabah untuk mengecek aplikasi secara berkala pada aplikasi BCA.
“Sehubungan dengan kendala yang sempat dialami nasabah saat bertransaksi dengan produk layanan BCA, kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang sempat terjadi,” kata Hera dalam keterangan resmi, Senin, 29 September 2025.
“Saat ini, sistem sudah berangsur normal. Kami mengimbau nasabah untuk melakukan pengecekan secara berkala pada aplikasi myBCA dan BCA mobile,” sambung dia.
Adapun, Halo BCA juga menanggapi laporan itu dan mengabarkan pembaruan berkala, bahwa pada pukul 09.40 WIB layanan m-banking mulai berangsur normal. Para nasabah bisa melakukan pengecekan secara berkala pada aplikasi myBCA dan BCA mobile.
“Sebelumnya (m-banking) sempat terdapat kendala, namun untuk saat ini sudah berjalan normal kembali. Silakan dapat mencoba melakukan transaksi kembali secara berkala,” tulis BCA di X.
Selain itu, ia mengingatkan agar para nasabah untuk tetap waspada terhadap berbagai upaya penipuan yang mengatasnamakan BCA.
Di samping itu, jika nasabah masih mengalami kendala atau gangguan, nasabah bisa menghubungi Halo BCA melalui nomor telepon 1500888, aplikasi Halo BCA, WhatsApp di 08111500998, X (Twitter) @HaloBCA, atau melalui email di [email protected].

Distika Safara Setianda
Editor
