Hasilkan Miliaran Lewat Sosial Media, Berapa Subscriber yang Harus Dimiliki Influencer?
Memanfaatkan sosial media menjadi kegiatan yang mendatangkan uang. Khususnya bagi mereka yang memilih jalan sebagai influencer di sejumlah kanal seperti YouTube, TikTok, dan Instagram.

Rizky C. Septania
Author


Ilustrasi video YouTube / Pixabay
(Istimewa)JAKARTA – Memanfaatkan sosial media menjadi kegiatan yang mendatangkan uang. Khususnya bagi mereka yang memilih jalan sebagai influencer di sejumlah kanal seperti YouTube, TikTok, dan Instagram.
Tak tanggung tanggung, jumlah uang yang diberikan oleh kanal tersebut untuk para influencer bisa mencapai angka fantastis, yakni puluhan, ratusan juta hingga milyaran.
Namun ternyata mendatangkan uang lewat sosial media tidaklah semudah yang terlihat. Pasalnya, penghasilan yang dibayarkan oleh kanal tersebut tergantung pada jumlah view dan subscriber yang kamu miliki.
Karenanya, para influencer perlu berlomba-lomba untuk membuat konten menarik demi menggaet penonton agar selalu datang ke kanal mereka.
Lalu, jika kamu bermimpi dan menargetkan penghasilan sekitar US$100.000 atau kisaran Rp1,4 miliar (estimasi kurs Rp14.000 per dollar AS), berapakah jumlah view dan subscriber yang harus dimiliki?
Youtube
Mengutip dari CNBC pada Senin, 3 April 2021, kamu setidaknya harus punya 1000 subscriber dengan akumulasi view video sebanyak 24 juta kali pertahunnya untuk memperoleh pendapatan sekitar Rp1,4 miliar.
Namun ada syarat yang diberikan Youtube agar uang yang dihasilkan bisa cair. Sebelumnya kamu harus terdaftardalam program Youtube Partnership Program (YPP).
Untuk bergabung dalam program ini, influencer setidaknya harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam akumulasi penayangan konten yang valid dalam satu tahun terakhir. Selain itu, akun tersebut harus terpaut dengan AdSense.
Berdasarkan perhitungan, influencer YouTube menghasilkan pendapatan rata rata sekitar US$7,60 per 1000 view. Dari penghasilan tersebut, 45% nya masuk ke kas Google.
Instagram menjadi salah satu media sosial dengan menyuguhkan daya tarik visual untuk para penggunanya. Karenanya, tampulan Instagram biasanya mementingkan estetika.
Jika kamu berniat menggunakan media ini untuk mendapat penghasilan Rp1,4 miliar, kamu butuh setidaknya 5000 followers dan 308 kiriman bersponsor per tahunnya.
Berdasarkan data CNBC, influencer dengan pengikut lebih dari satu juta seperti Cristiano Ronaldo dan Kylie Jenner bisa menghasilkan US$250.000 atau Rp3,6 miliar per posting.
TikTok
Sosial media asal China TikTok banyak digandrungi orang sejak pandemi berlangsung.
Berdasarkan perhitungan, kamu dapat menghasilkan Rp1,4 miliar lewat TikTok dengan memiliki 10.000 pelanggan dengan jumlah konten yang ditonton mencapai 270 juta kali per tahun.
Sama seperti YouTube, TikTok memiliki program TikTok Creator Fund. Meski begitu, sistem monetisasi TikTok tak sama seperti YouTube yang membayar penggunanya dengan AdSense.
TikTok lebih memilih menjadi perantara antara konten kreator dengan perusahaan yang mencari kreator untuk mempromosikan produk mereka.
Syaratnya, tentu saya harus memiliki jumlah subscriber dan penonton yang banyak serta kontenmu harus sering masuk FYP. (RCS)
