Fintech

Sasar Pelaku UKM Perempuan, Amartha Gandeng Accion dan Badan Amal Mastercard

  • Perusahaan fintek Amartha telah berkolaborasi dengan organisasi nirlaba global Accion dan Mastercard Center for Inclusive Growth, badan amal dari Mastercard, untuk meningkatkan pembiayaan digital bagi para pelaku usaha mikro.
Amartha terapkan prinsip syariah

Amartha terapkan prinsip syariah

(Amartha)

JAKARTA - Perusahaan fintek Amartha telah berkolaborasi dengan organisasi nirlaba global Accion dan Mastercard Center for Inclusive Growth, badan amal dari Mastercard, untuk meningkatkan pembiayaan digital bagi para pelaku usaha mikro.

Kerja sama ini akan memperkuat kanal digital Amartha, mengembangkan inovasi produk baru, dan meningkatkan customer scoring platform untuk menjangkau usaha mikro yang belum terlayani, terutama yang dijalankan perempuan.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia, dengan peningkatan kepemilikan rekening bank digital di segmen usia produktif. Pertumbuhan ini didorong penetrasi smartphone dan penggunaan internet yang meningkat di negara ini.

Namun, hanya 51% dari populasi Indonesia yang berjumlah 272 juta memiliki rekening di lembaga keuangan pada tahun 2021, menyisakan hampir separuh populasi tidak memiliki akses perbankan. 

Dari 64,2 juta usaha mikro dan kecil di negara ini, hanya sekitar 17,5 juta yang berpartisipasi dalam ekosistem digital. Kesenjangan ini disebabkan tingginya biaya transaksi dalam ekosistem yang belum menyediakan solusi untuk segmen ini.

Terdapat kebutuhan mendesak bagi hampir 47 juta pengusaha yang kurang terlayani untuk mengembangkan usaha mereka dengan memanfaatkan digitalisasi yang memprioritaskan kesejahteraan ekonomi mereka secara bertanggung jawab.

Dengan fokus pada pembangunan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat yang kurang terlayani di seluruh Indonesia, Amartha telah menyediakan lebih dari 15,5 triliun rupiah Indonesia (US$1 miliar) kepada lebih dari 2 juta perempuan pengusaha mikro di 72 ribu desa sejak tahun 2010. Amartha bertujuan untuk memperluas layanan keuangan yang bertanggung jawab kepada jutaan orang lainnya dalam tiga tahun ke depan.

Andi Taufan Garuda Putra, Founder dan CEO Amartha dalam keterangan rersminya menjelaskan Amartha, Accion, dan Mastercard Center for Inclusive Growth memiliki tujuan bersama, yaitu mengurangi ketidakmerataan akses terhadap layanan keuangan.

"Kolaborasi ini akan mempercepat inklusi keuangan digital di seluruh wilayah, dengan memanfaatkan pengalaman Amartha dalam membangun infrastruktur keuangan digital yang inklusif untuk menjangkau jutaan orang. Bersama-sama, kami akan menggunakan teknologi untuk menggerakkan ekonomi di tingkat akar rumput di Indonesia dan memperluas manfaat layanan keuangan digital lebih dari sekadar pembiayaan, membuat perbedaan besar di tingkat lokal."

Kemitraan ini menandai langkah selanjutnya dalam kolaborasi berkelanjutan Mastercard Center for Inclusive Growth dengan Accion, yang telah membantu 12,8 juta orang secara global, termasuk hampir enam juta UKM, telah mendapatkan manfaat dari layanan keuangan digital antara tahun 2019 dan 2022.