Youtube Luncurkan Paket Langganan YouTube TV di 2026
- YouTube mengumumkan akan meluncurkan Paket YouTube TV terbaru pada awal tahun depan, menawarkan lebih banyak pilihan dan fleksibilitas bagi pelanggan melalui lebih dari 10 paket saluran yang dikategorikan berdasarkan genre.

Distika Safara Setianda
Author


JAKARTA, TRENASIA.ID – YouTube mengumumkan akan meluncurkan Paket YouTube TV terbaru pada awal tahun depan, menawarkan lebih banyak pilihan dan fleksibilitas bagi pelanggan melalui lebih dari 10 paket saluran yang dikategorikan berdasarkan genre.
Melansir dari MacRumors, akan tersedia paket-paket untuk olahraga, berita, keluarga, hiburan, dan lainnya. Paket Olahraga YouTube mencakup jaringan penyiar utama serta seluruh jaringan ESPN dan saluran olahraga populer seperti FS1 dan NBC Sports.
“Pelanggan dapat menyertakan add-on seperti NFL Sunday Ticket dan RedZone, dan menyimpan semua fitur favorit penggemar, termasuk DVR tanpa batas, multiview, permainan kunci, dan tampilan fantasi,” tulis pengumumannya.
Meski memiliki paket khusus, YouTube memastikan fitur-fitur favorit pengguna tetap bisa dinikmati, seperti DVR tanpa batas, multiview, key plays, dan fantasy view, yang memudahkan penonton untuk mengikuti pertandingan olahraga dengan lebih mendalam.
YouTube menegaskan televisi seharusnya mudah dan memberi pengguna kendali penuh kepada penonton. Oleh karena itu, pilihan paket dibuat lebih beragam, mulai dari paket utama dengan lebih dari 100 kanal, paket khusus olahraga, kombinasi olahraga dan berita, hingga paket bertema keluarga dan hiburan.
Dilansir dari Ny Times, langkah ini menunjukkan upaya YouTube TV untuk memungkinkan spesialisasi lebih lanjut dalam paket berlangganan yang dibayar penggemar, terutama mereka yang ingin menonton siaran langsung acara olahraga.
YouTube TV, yang dimiliki Google, bukanlah layanan pertama yang menawarkan “skinny bundle” seperti ini. Comcast, Spectrum, dan DirecTV sebelumnya juga telah menyediakan paket serupa. Harga untuk paket olahraga YouTube TV ini belum diumumkan. Saat ini, pelanggan YouTube TV membayar sedikit lebih dari US$80 per bulan untuk paket dasar.
Apa Arti Sports Plan Bagi Para Penggemar?
YouTube TV berupaya membuat pengalaman menonton olahraga menjadi lebih mudah dan terjangkau. Mereka bukan satu-satunya yang melakukan hal ini, karena Spectrum, DirecTV, dan Comcast juga telah mempromosikan konsep paket olahraga “skinny bundle” serupa.
Namun, YouTube TV terus berkembang dengan sekitar 10 juta pelanggan, menempatkannya cukup dekat untuk segera menyalip Spectrum dan Comcast yang memiliki sekitar 12 juta pelanggan.
Rencana ini akan memberikan alasan lain bagi orang-orang untuk beralih atau tetap menggunakan layanan YouTube TV. Ini mungkin dapat membantu mengatasi pengalaman penggemar yang semakin frustrasi.
Pertanyaan terbesarnya adalah soal harga. Berdasarkan perkiraan, biaya paket ini kemungkinan berada di kisaran US$55-60, dengan penawaran uji coba tiga bulan yang mungkin sedikit lebih murah. Meski ada gambaran umumnya, angka pastinya belum diumumkan.
Dengan saluran seperti ESPN Unlimited, Fox, FS1, NBC, NBC Sports Network, CBS Sports/Paramount, TNT Sports, dan USA Network, paket ini akan menyediakan hampir seluruh tayangan olahraga nasional, kecuali Prime Video dan Netflix. Namun, paket ini tidak mencakup olahraga regional, kecuali beberapa RSN milik Comcast di pasar tertentu.
Melalui Sunday Ticket, paket NFL untuk wilayah di luar pasar lokal yang berlisensi eksklusif ke YouTube, penambahan paket ini akan menjadi mudah. ESPN Unlimited, yang termasuk dalam kesepakatan setelah perselisihan antara Disney dan Google, akan diintegrasikan ke dalam aplikasi tahun depan, dengan harapan peluncurannya bisa lebih cepat.
Tahun lalu, banyak perbincangan tentang Venu Sports, kesepakatan yang gagal antara ESPN, Fox Sports, dan TNT, namun kesepakatan YouTube TV kali ini tampaknya menawarkan paket yang lebih lengkap. Venu rencananya akan dibanderol US$43 per bulan, tetapi selalu dianggap berlebihan karena tidak sepenuhnya memenuhi kebutuhan olahraga banyak penggemar.
“Skinny bundle” YouTube TV istilah yang sedang populer di kalangan media untuk paket gabungan seperti ini berpotensi berhasil membuat pengalaman menonton olahraga menjadi lebih mudah bagi para pemirsa.

Distika Safara Setianda
Editor
