Ahli: 3 Cara Membangun Pertemanan Ketika Anda Bekerja Remote
- JAKARTA - Semenjak pandemi COVID-19, banyak perusahaan bahkan sekolah yang mulai beralih menggunakan media virtual untuk kelangsungan aktivitas mereka. Mau tida

Rumpi Rahayu
Author


JAKARTA - Semenjak pandemi COVID-19, banyak perusahaan bahkan sekolah yang mulai beralih menggunakan media virtual untuk kelangsungan aktivitas mereka. Mau tidak mau pekerjaan dan sekolah mulai dilaksanakan secara remote.
Bekerja remote memang memudahkan hidup kita. Kita tidak perlu lagi melakukan perjalanan ke kantor yang macet dan melelahkan, jam kerja menjadi lebih fleksibel, hingga kemampuan untuk mengenakan piyama selama bekerja.
Namun, di satu sisi adalah hal penting yang sulit digantikan ketika harus bekerja remote. Yaitu menghabiskan waktu bersama orang lain dan menjalin persahabatan.
- Bencana! Bendungan Nova Khakovka Ukraina Diledakkan
- Rusia Sebut Serangan Balik telah Dimulai, Ukraina Merangsek di Bakhmut
- Pariwisata Indonesia Pulih, Kunjungan Turis Asing pada April 2023 Melonjak 276 Persen
Dilansir oleh Tren Asia dari laman website Harvard Business Review pada Selasa (6/6/2023), sebuah studi dilakukan di perusahaan teknologi Fortune dengan peserta 500 karyawan yang sebagian besar adalah tenaga kerja jarak jauh atau remote.
Peneliti menemukan bahwa rekan satu tim virtual menghadapi hambatan yang signifikan untuk mengembangkan persahabatan.
Hal ini tentu perlu diperhatikan, mengingat persahabatan dan pertemanan memiliki banyak manfaat seperti membuat kita lebih produktif, dan merasa lebih puas di semua bidang kehidupan kita.
Namun, peneliti juga menemukan beberapa anggota tim yang dapat menemukan solusi untuk permasalahan ini. Dan tak hanya mampu mengembangkan hubungan kerja yang positif, mereka bahkan mampu menjalin persahabatan.
Anggota tim yang sukses menjalin pertemanan juga memiliki kemampuan untuk menetapkan "irama". Irama ini didefinisikan oleh peneliti sebagai pemahaman yang jelas tentang dengan siapa mereka berinteraksi dan oleh karena itu, seseorang dapat lebih mudah untuk memprediksi cara terbaik untuk berkomunikasi dengan mereka.
Anda Dapat Melakukan 3 Langkah Sederhana Berikut, Jika Merasa Kesulitan Membangun Persahabatan Saat Bekerja Remote
1. Atur Kerja Bersama
Beberapa orang merasa hanya bisa berkembang ketika mereka mengisolasi diri dan fokus hanya kepada apa yang mereka kerjakan.
Namun beberapa yang lain merasa bahwa mereka tidak perlu melakukannya sendirian untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
Jika Anda adalah tipe yang kedua, cobalah untuk bekerja remote bersama rekan satu tim Anda. Dalam sesi ini, dua orang atau lebih masuk ke dalam konferensi video dan saling menyapa.
Setelahnya mereka akan menyelesaikan pekerjaan masing-masing dengan tetap mengaktifkan aplikasi video. Anda dapat memindahkannya ke belakang desktop dan bekerja dalam diam.
Anda juga dapat menjadwalkan waktu istirahat, tetapi ini tidak wajib.
2. Siapkan Waktu Istirahat Bersama
Sesi ini adalah untuk mempertemukan karyawan yang sedang beristirahat sehingga mereka bisa bersosialisasi.
Banyak perusahaan jarak jauh yang mulai bereksperimen dengan menjadwalkan waktu istirahat bersama untuk membangun koneksi antar anggota tim.
Untuk mempraktekannya, Anda hanya perlu menjadwalkan waktu singkat untuk mengobrol dengan rekan kerja tentang topik non pekerjaan selama seminggu.
3. Rencanakan Makan Online Bersama
Dalam kehidupan kerja maupun kuliah, seseorang sering beristirahat untuk makan.
Kesempatan ini dapat Anda manfaatkan untuk membangun koneksi dan merasa lebih dekat dengan teman Anda.
Penelitian menunjukkan bahwa karyawan yang makan bersama seringkali berkolaborasi dengan lebih baik dan mencapai kesepakatan dengan lebih mudah.
Sebuah perusahaan pengacara telah mencoba cara ini dengan mengadakan makan siang reguler bertema "Taco Tuesday"
Para anggota tim akan mensimulasikan makan bersama, dan setiap karyawan akan memesan taco dari restoran lokal favorit mereka. Karyawan tidak diwajibkan untuk bergabung, tetapi siapa yang bergabung dan menunjukkan taco akan mendapatkan biaya makan yang ditanggung oleh perusahaan.
Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 3 cara membangun pertemanan ketika Anda bekerja remote. Semoga bermanfaat!

Ananda Astri Dianka
Editor
