Industri

Transaksi Online Jadi Tren, Volume BNI TapCash Naik HIngga 278%

  • JAKARTA – Aktivitas masyarakat mulai berubah ketika pandemi mulai menghantam Indonesia. Hal ini termasuk tren berbelanja yang kini lebih banyak dilakukan secara daring. Terhitung mulai Agustus 2020, transaksi e-commerce yang dilaporkan oleh Bank Indonesia (BI) mengalami kenaikan hingga 140 juta transaksi. Pertumbuhan ini hampir mencapai dua kali lipat dibandingkan dengan 80 juta transaksi pada periode […]

Isi ulang BNI Tapcash bisa menggunakan aplikasi Jenius milik BTPN

Isi ulang BNI Tapcash bisa menggunakan aplikasi Jenius milik BTPN / Jenius.com

(Jenius.com)

JAKARTA – Aktivitas masyarakat mulai berubah ketika pandemi mulai menghantam Indonesia. Hal ini termasuk tren berbelanja yang kini lebih banyak dilakukan secara daring.

Terhitung mulai Agustus 2020, transaksi e-commerce yang dilaporkan oleh Bank Indonesia (BI) mengalami kenaikan hingga 140 juta transaksi. Pertumbuhan ini hampir mencapai dua kali lipat dibandingkan dengan 80 juta transaksi pada periode yang sama 2019. Ini memperlihatkan bahwa kepercayaan masyarakat dalam bertransaksi online kian meningkat.

Melihat peluang ini, salah satu bank milik negara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berupaya menghadirkan Kartu BNI TapCash sebagai fasilitas pembayaran nontunai.

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies di Jakarta, awal pekan ini mengungkapkan, kartu tersebut dapat digunakan oleh siapa saja, tak terkecuali bagi masyarakat yang bukan nasabah BNI.

“Kami berkomitmen untuk menjalin kerja sama dengan berbagai e-commerce dan financial technology (fintech) untuk memperluas kanal top-up TapCash,” ujar Corina.

Menurutnya, di tengah situasi pandemi, masyarakat semakin terdorong untuk memperhatikan kesehatan dengan menjaga kebersihan di mana salah satunya dengan menerapkan transaksi nontunai atau cashless.

Selama periode satu tahun terakhir, Corina bilang, jumlah transaksi top-up TapCash BNI tercatat ada kenaikan volume mencapai 278%. Di samping itu, jumlah transaksinya juga naik 197% secara year to date (ytd).

Pertumbuhan tersebut, kata dia, terjadi seiring dengan perluasan akseptasi BNI. Pada akhir Desember 2019, BNI berkolaborasi bersama LinkAja untuk akseptasi top-up TapCash. Kemudian dalam perkembangannya, Corina menerangkan pihaknya menambah gandengan mitra, yaitu Bukalapak, Blibli, Shopee, Tokopedia, GoPay hingga mitra perbankan lainnya, seperti Jenius.

Selain itu, perluasan akseptasi juga dilakukan di toko retail, seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Family Mart, dan Circle K untuk memberikan beragam pilihan kanal.

“Kami akan terus mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) melalui perluasan penjualan dan belanja dengan TapCash,” tambah Corina. Untuk mengetahui info lengkap seputar TapCash baik akseptasi isi ulang, belanja, beragam desain, hingga berbagai program promo dapat melihat di website www.tapcash.id.