Industri

Masyarakat Dilarang Mudik, Permintaan Mobil di OLX Anjlok 40%

  • Kondisi Ramadan tahun 2020 di tengah pandemi berdampak pada pasar daring global OLX. Data internal OLX menunjukkan adanya penurunan jumlah permintaan kendaraan mobil di platform OLX sekitar 40%, di minggu pertama bulan Ramadan dibandingkan data pada 5 Maret 2020. Pada kondisi normal, bulan Ramadan menjadi momentum peningkatan penjualan mobil, menyusul adanya penerimaan Tunjangan Hari Raya […]

Jaga Kelangsungan Indsutri Otomotif, Kemenperin Usulkan Harga Mobil di Bawah Rp250 Juta Bebas Pajak Penjualan. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

Dua produsen mobil yaitu PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan PT Honda Prospect Motor (HPM) melakukan aksi pemanggilan (recall) untuk keperluan perbaikan pada ribuan unit mobil di pasaran. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

(Ismail Pohan/TrenAsia )

Kondisi Ramadan tahun 2020 di tengah pandemi berdampak pada pasar daring global OLX. Data internal OLX menunjukkan adanya penurunan jumlah permintaan kendaraan mobil di platform OLX sekitar 40%, di minggu pertama bulan Ramadan dibandingkan data pada 5 Maret 2020.

Pada kondisi normal, bulan Ramadan menjadi momentum peningkatan penjualan mobil, menyusul adanya penerimaan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi sebagian besar karyawan serta kebutuhan masyarakat akan moda transportasi  pribadi menuju kampung halaman saat hari raya Idulfitri.

Direktur Marketing OLX Indonesia Ichmeralda Rachman mengungkapkan, telah memperdiksi penurunan tersebut mengingat kondisi perekonomian sebagian besar masyarakat yang terpukul akibat pandemi ini.

“Menurunnya daya beli masyarakat secara umum serta berubahnya prioritas masyarakat untuk pembelian barang tersier seperti mobil menjadi beberapa penyebab menurunnya  jumlah permintaan atas mobil di platform OLX. Dengan adanya ketidakpastian ekonomi ini, kami memperkirakan kondisi ini akan terus terjadi sepanjang sisa bulan Ramadan 2020 ini,” ujar dia melalui keterangan tertulis yang diterima TrenAsia, Kamis, 21 Mei 2020.

Dia menambahkan, situasi tersebut berbeda dengan Ramadan tahun 2019 yang mencatat peningkatan jumlah permintaan hingga minggu ketiga Ramadan. Sejalan dengan jumlah permintaan, jumlah listing pada Ramadan tahun lalu juga sempat mengalami peningkatan dan relatif stabil.

Kendati terjadi tren penurunan pada jumlah listing dan jumlah permintaan pada tipe-tipe mobil, OLX mencatat, tipe mobil MPV dari brand mobil Jepang masih menjadi kendaraan yang paling dicari oleh pengguna.

“Toyota Avanza dan Toyota Innova masih menjadi dua merek mobil teratas pilihan para pengguna, disusul oleh Honda Jazz dan Daihatsu Xenia. Preferensi merek mobil ini konsisten sebelum dan semasa pandemi COVID-19 ini,” tambah Ichmeralda.

Data internal OLX juga menunjukkan, meski terjadi tren penurunan pada jumlah listing dan jumlah permintaan akan mobil, tren harga tidak berubah signifikan. Harga rata-rata pada listing yang ada di OLX pada minggu pertama Ramadan, tepatnya 23 April, berada pada angka Rp193 juta atau menurun sekitar 5% dari harga rata-rata listing pada 5 Maret 2020. Sementara itu, pada periode yang sama, harga rata-rata pada permintaan mobil bekas justru meningkat sekitar 5% dan berada di kisaran harga Rp146 juta.

OLX justru mencatat permintaan terhadap mobil mewah seperti Toyota Fortuner, Toyota Alphard, dan Mitsubishi Pajero Sport hanya mengalami penurunan sekitar 30%, sementara merek mobil Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia mengalami penurunan permintaan sekitar 50% sampai 60% hingga minggu pertama bulan Ramadan 2020.

“Pandemi ini memang banyak memukul kelas menengah sehingga memang tipe mobil keluarga pilihan kelas menengahlah yang mengalami penurunan permintaan cukup signifikan,” jelas Ichmeralda.

Tags: OLX