Tren Leisure

Dijuluki Ratu YouTube, Rosé BLACKPINK Raup Rp130 Miliar per Tahun

  • Berdasarkan laporan Forbes Korea 2025 berjudul “K-pop Fandom Dominates YouTube,” Rosé menempati posisi teratas sebagai selebritas YouTuber, dengan perkiraan pendapatan tahunan mencapai 11 miliar won atau sekitar Rp130 miliar dari kanal pribadinya. Pencapaian tersebut membuatnya mendapat julukan Ratu YouTube.
Rosé BLACKPINK.
Rosé BLACKPINK. (Tangkap layar Instagram @roses_are_rosie)

JAKARTA, TRENASIA.ID – Anggota BLACKPINK, Rosé, membuktikan pesonanya tak hanya bersinar di atas panggung musik, tetapi juga merajai YouTube.

Berdasarkan laporan Forbes Korea 2025 berjudul “K-pop Fandom Dominates YouTube,” Rosé menempati posisi teratas sebagai selebritas YouTuber, dengan perkiraan pendapatan tahunan mencapai 11 miliar won atau sekitar Rp130 miliar dari kanal pribadinya. Pencapaian tersebut membuatnya mendapat julukan Ratu YouTube.

Dilansir dari Money Control, kehadiran Rosé di YouTube juga terbilang luar biasa, dengan 18,1 juta pelanggan, 86 video yang telah diunggah, serta total tontonan yang menembus 3,6 miliar penayangan.

Popularitas Rosé semakin meroket setelah kolaborasinya bersama Bruno Mars pada 2024 lewat lagu hits ‘APT.’

Terinspirasi dari gim populer Korea “apartment game,” lagu dengan hook adiktif, mengulang kata apartment sebanyak 61 kali, menjadi sensasi viral.

Lagu tersebut menjadi rilis K-pop tercepat tahun itu yang menembus 100 juta penayangan di YouTube. Lagu ‘APT.’ juga sukses merajai tangga lagu Spotify Global dan Amerika Serikat, sekaligus mencapai peringkat No. 3 di Billboard Hot 100 Amerika Serikat, rekor tertinggi yang pernah diraih oleh artis K-pop perempuan.

‘APT.’ bertahan selama 41 minggu berturut-turut di tangga lagu dan meraih lebih dari 100 juta streaming di Spotify hanya dalam sepekan.

Pengaruh Rosé BLACKPINK tidak hanya terbatas pada musik dan media sosial. Ia juga masuk dalam daftar “100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia” versi majalah Time pada April, menegaskan jangkauan serta dampaknya yang mendunia.

Terbaru, ia mencetak sejarah di ajang MTV Video Music Awards dengan meraih delapan nominasi sebagai solois K-pop, tujuh di antaranya untuk ‘APT.’ duetnya yang menduduki puncak tangga lagu bersama Bruno Mars.

Rosé sendiri lahir di Auckland, Selandia Baru pada 1997, Rosé tumbuh besar di Melbourne, Australia sejak usia tujuh tahun. Bakatnya ditemukan oleh YG Entertainment saat mengikuti audisi di Melbourne ketika ia baru berusia 15 tahun.

Dilansir dari SCMP, setelah menjalani masa pelatihan selama empat tahun dua bulan, Park Chae-young atau Rosé akhirnya resmi debut sebagai anggota BLACKPINK.

Sebagai lead dancer grup dengan suara manis nan lembut, Rosé dikenal memiliki kemampuan menari sekaligus mencapai nada tinggi yang dinilai mengagumkan, bahkan di antara penyanyi terlatih di Korea Selatan.

Ketika YG Entertainment merilis grup BLACKPINK pada 2016, para penggemar K-pop, baik di Korea Selatan maupun mancanegara, sudah menantikan debut sebuah girl group kuat yang diharapkan mampu menyaingi 2NE1 dan mengikuti jejak sukses grup besar seperti BTS dan Big Bang.

Setelah bertahun-tahun menjalani pelatihan ketat sebagai calon bintang pop, mulai dari vokal hingga dance yang bahkan disiarkan lewat program televisi, penggemar akhirnya diperkenalkan dengan grup inovatif yang membawa konsep girl crush.

Dengan pesan pemberdayaan yang ditujukan terutama kepada audiens perempuan, BLACKPINK berhasil mematahkan dominasi tren girl group imut seperti TWICE yang saat itu tengah populer.

Sementara itu, BLACKPINK masih terus menarik perhatian besar lewat tur dunia mereka yang bertajuk “Deadline,” dengan penampilan lintas benua sekaligus memecahkan rekor penjualan tiket.

Para penggemar tak hanya merayakan pencapaian musik BLACKPINK sebagai grup, tetapi juga kesuksesan Rosé secara individu, terutama posisinya sebagai YouTuber selebritas dengan pendapatan tertinggi.

Dengan perpaduan bakat, karisma, dan kecerdasannya dalam memanfaatkan dunia digital, Rosé menunjukkan bagaimana bintang K-pop kini semakin berpengaruh dalam industri hiburan global, baik di atas panggung maupun di luar panggung.