AVIA Catat Penjualan Rp7,5 T di 2024, Tumbuh 6,5 Persen di Tengah Tantangan Ekonomi
- PT Avia Avian Tbk (AVIA), pemain utama dalam industri cat dekoratif nasional, mengumumkan laporan keuangan yang telah diaudit untuk tahun buku 2024. Perseroan mencatat total penjualan konsolidasi sebesar Rp7,5 triliun, tumbuh 6,5% dibandingkan tahun sebelumnya.

Alvin Bagaskara
Author


JAKARTA – PT Avia Avian Tbk (AVIA), pemain utama dalam industri cat dekoratif nasional, mengumumkan laporan keuangan yang telah diaudit untuk tahun buku 2024. Perseroan mencatat total penjualan konsolidasi sebesar Rp7,5 triliun, tumbuh 6,5% dibandingkan tahun sebelumnya.
Pada periode yang sama, volume penjualan meningkat 5% secara tahunan (year-on-year), didorong oleh kinerja solid pada kuartal IV. Pada kuartal tersebut, total penjualan konsolidasi mencatat kenaikan dua digit sebesar 11,5%, sementara volume penjualan naik 8,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Selain mencatat pertumbuhan penjualan, AVIA juga berhasil mempertahankan profitabilitas yang sehat sepanjang 2024, dengan margin laba kotor sebesar 44,7%, margin EBITDA 27,2%, dan margin laba bersih 22,3%.
- Trimegah Targetkan Dana Kelolaan Rp100-200 Miliar dari Reksa Dana Sepak Bola Merah Putih
- Mirae Asset dan Bank DBS Indonesia Hadirkan Investasi Obligasi Pemerintah di M-STOCK
- Aktor Kondang Gene Hackman, Istri dan Anjingnya Ditemukan Tewas di Rumah Mereka
Tantangan Ekonomi dan Strategi Bisnis
Manajemen AVIA menegaskan bahwa tahun 2024 diwarnai berbagai tantangan ekonomi, di mana banyak bisnis menghadapi tekanan akibat lesunya konsumsi masyarakat. Gejolak ekonomi nasional semakin diperburuk oleh berbagai isu sosial yang turut memperlemah daya beli.
“Namun demikian, Avian Brands melihat peluang di tengah tantangan ini dan terus berinvestasi dalam inisiatif strategis, berfokus pada upaya memenangkan pangsa pasar meskipun kondisi pasar tetap menantang,” tulis manajemen AVIA dalam siaran pers, Kamis, 27 Februari 2025.
Pencapaian AVIA pada 2024 didorong oleh dedikasi dan ketangguhan tim Avian Brands dalam mengeksekusi berbagai strategi pengembangan bisnis yang berfokus pada penguatan hubungan dengan pelanggan.
Inovasi Produk dan Ekspansi Distribusi
Sepanjang 2024, Avian Brands meluncurkan 14 produk baru, dengan lima di antaranya telah memperoleh sertifikasi Green Label Singapore. Hal ini menegaskan komitmen perseroan dalam menghadirkan inovasi produk yang tidak hanya unggul tetapi juga ramah lingkungan.
Tim riset, pengembangan, dan inovasi terus bekerja secara proaktif dalam merespons dinamika pasar yang terus berkembang. Pengembangan produk baru ini juga didukung oleh ekspansi pusat distribusi yang konsisten untuk memperkuat penetrasi pasar di berbagai wilayah.
Dengan budaya kerja yang mengutamakan perbaikan berkelanjutan, Avian Brands terus mengoptimalkan logistik guna memastikan layanan pelanggan terbaik dengan efisiensi operasional maksimal.
Hingga akhir 2024, Avian Brands telah mengoperasikan 124 pusat distribusi milik sendiri dan 15 pusat distribusi mini, serta didukung oleh 38 pusat distribusi pihak ketiga. Sepanjang tahun tersebut, Avian Brands melayani 58.600 toko bangunan di seluruh Indonesia, meningkat 1.722 toko dibandingkan tahun sebelumnya.

Chrisna Chanis Cara
Editor
